Selasa, 19 Mei 2015

Dialog singkat film Avenger mengingatkanku sebuah nats Alkitab, penasaran?

Avengers telah kembali dirilis seri terbarunya dengan judul, Avengers: Age of Ultron, dimana bercerita tentang para ksatria Avenger yang harus menghadapi sebuah monster yang 'dirancang' oleh salah satu dari mereka sendiri, yaitu Tony Stark. Berawal dari niat Tony Stark yang ingin menciptakan sebuah sistem yang lebih canggih dalam 'Iron Man' miliknya, ia justru membuat timnya berada dalam bahaya.
Itulah sedikit ringkasnya yang saya tangkap mengenai film ini. Namun yang saya ingin ceritakan bukan itu, namun ada sebuah pesan moral yang menarik bagi saya, yang saya dapatkan dari film ini. Dari sebuah dialog kecil diantara sesama mereka.

Saya tidak ingat persis, namun kira-kira begini skenario percakapannya. Adalah ketika salah satu dari mereka berbicara kotor, dan kemudian yang lainnya menegur 'hey jangan berbicara kotor'. Lucunya, salah seorang yang lainnya tiba-tiba berkata 'apakah mulut itu kau pakai untuk mencium ibumu?'

Anda menangkap maksud dari dialog diatas? Ya, berbicara kotor itu sama sekali tidak baik. Dan pesan yang lebih menarik adalah, janganlah memakai mulut yang sama untuk melakukan dua hal yang berlawanan. Disatu sisi, kita pakai mulut ini untuk menunjukkan berkat. Namun disisi lain, kita pakai untuk mengeluarkan kata-kata kutuk yang tak pantas diucapkan. Jika kamu punya dua mulut, silahkan. Namun karena mulutmu hanya satu, pilihanmu hanya satu. Berucap baik atau tidak sama sekali.

Ini mengingatkan saya terhadap sebuah nats Alkitab, tepatnya yaitu pada Yakobus 3:9-12.

3:9 Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah,
3:10 dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.
3:11 Adakah sumber memancarkan air tawar dan air pahit dari mata air yang sama?
3:12 Saudara-saudaraku, adakah pohon ara dapat menghasilkan buah zaitun dan adakah pokok anggur dapat menghasilkan buah ara? Demikian juga mata air asin tidak dapat mengeluarkan air tawar.


Saya sangat terkesan dengan pesan moral dalam film seperti Avenger ini. Sekalipun menjual sisi kecanggihan animasi didalamnya, namun tetap terkandung nilai-nilai moral yang dapat kita petik, melalui sebuah perumpamaan sederhana. Dan yang lebih hebatnya, perumpamaan tersebut ada dalam Alkitab.

Saya sangat berharap sang pembuat naskah dialog ini membuat terinsiprasi dari firman Tuhan didalam Alkitab. Namun jikapun tidak, saya tetap bangga, karena jauh sebelum mereka menulis naskah ini, Alkitab sudah jauh lebih dulu membuat sebuah perumpamaan ini.

Semoga kedepannya kita bisa mengaplikasikan nilai moral yang ada pada dialog singkat film Avenger tersebut. Ayo, budayakan menggunakan mulut kita hanya untuk mengucapkan hal-hal yang baik dan benar. Jangan berbicara kotor dengan mulut yang kau pakai untuk mencium ibumu!

0 komentar:

Posting Komentar