Sabtu, 30 Juli 2016

Cara Mengurangi Konten Negatif di Instagram

Tepatnya kemarin, saya memposting artikel yang menjelaskan betapa Instagram sudah tak sehat untuk diakses anak-anak. Mengapa? Karena sudah banyaknya posting acak yang muncul, yang kebanyakan berisi gambar-gambar kurang pantas.

Ada yang mengatakan gambar ini muncul karena user itu sendiri yang berinteraksi dengan gambar tersebut. Mungkin ada benarnya, namun alasan yang lebih tepat adalah karena kemunculannya yang sifatnya 'acak'. Apalagi jika akun IG tersebut berteman dengan akun lain yang aktif meng-like ataupun mengomentari gambar-gambar tersebut. Awalnya mungkin hanya muncul satu. Namun karena dilihat, akhirnya muncul sampai banyak.

Konten tersebut mungkin tidak terlalu bermasalah bagi orang dewasa, karena kebanyakan sudah cukup mengerti baik buruknya. Yang menjadi masalah adalah jika yang mengaksesnya anak-anak. Karena kebanyakan diantara mereka masih memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, ditambah lagi belum menyadari betul dampak dan bahayanya. Yang terpikir barangkali hanya "wah ini sepertinya mengasyikkan ya!", tanpa bertanya dari sisi yang lain, "apakah ini berbahaya untuk saya?"



Bagi sebagian orang tua, mungkin sulit untuk melarang anak memainkan Instagram, karena beberapa mungkin memiliki sifat pelawan yang tinggi. Jika demikian, mungkin salah satu solusi yang tepat bagi anda adalah membersihkan akun-akun yang identik dengan konten dewasa. Solusi ini saya sebut "Piket Pembersihan".

Bagaimana caranya? Sangat gampang sekali. Berikut langkah singkatnya.

Pertama, buka Instagram anak ataupun adik kita. Buka dari mana? Tentu saja dari handphonenya. Hal ini tentu bisa dilakukan karena kita punya hak untuk memegang handphone mereka

Kedua, buka bagian 'kaca pembesar'.

Ketiga, lihat konten baik berupa gambar maupun video yang rasanya kurang pantas. Jika anda menemukan, klik pada posting tersebut.

Keempat, klik gambar "titik tiga" pada posting tersebut, kemudian klik "Lihat Kiriman yang Seperti Ini Lebih Sedikit".


Lakukan hal tersebut pada setiap konten dewasa yang muncul. Kemudian lihat perubahannya, Instagram anak anda akan cukup bersih dari gambar-gambar kurang pantas tersebut.



Lihat, akun IG saya sudah bersih dari gambar-gambar tersebut. Saya pikir hal yang sama-pun pasti akan terjadi dengan IG anak anda.

Sebagaimana judul artikel ini, saya pikir cara ini memang hanya mampu sebatas mengurangi, namun tak mampu menghilangkan secara total. Mungkin bisa saja besok satu atau dua gambar muncul lagi, karena sebagian teman-temannya berinteraksi dengan posting-posting tak baik tersebut. Oleh karena itu, satu-satunya cara adalah dengan rutin melakukan 'piket pembersihan', setidaknya 3 kali seminggu.

Semoga cara ini cukup ampuh untuk mengurangi kemungkinan anak ataupun adik-adik kita melihat gambar yang kurang pantas.

Sebenarnya ada cara yang lebih ampuh agar mereka terhindar dari gambar-gambar tersebut, yaitu dengan mengurangi aksesnya ke dunia maya. Larang mereka main IG, bila perlu larang mereka menggunakan handphone dengan akses internet. Toh, sesungguhnya mereka memang tidak memerlukannya, bukan?

9 komentar:

  1. Mau tanya kalu sudah dibuat gituh terus mau balikinnya apa masih bisa?

    BalasHapus
  2. gimana cara mengebalikannya????

    BalasHapus
  3. Bila gk sengaja ke klik, ngembaliin nya gimana ya?

    BalasHapus
  4. Bila gk sengaja ke klik, ngembaliin nya gimana ya?

    BalasHapus
  5. ini udah sampai capek di gituin balik balik trs konten gituan gimana coba

    BalasHapus