Senin, 10 Oktober 2016

Apakah Pemerintah Indonesia sudah memanfaatkan kekayaan alam dengan baik?

Pertanyaan yang jawabannya bisa sangat-sangat panjang. Menurut teman-teman sendiri, bagaimana? Apakah Pemerintah Indonesia sudah memanfaatkan kekayaan alam dengan baik?




Kalau menurut pendapat saya pribadi, sudah dimanfaatkan, hanya masih kurang baik. Atau lebih tepatnya, belum dimanfaatkan dengan baik. Mengapa demikian?

Jawabannya, karena masih banyak kekayaan alam Indonesia yang justru jatuh kepada pihak asing.

Indonesia adalah negara yang sangat besar dengan kekayaan alamnya. Hal ini diakui oleh dunia. Bahkan jika kita melihat sejarah, kita akan menemukan betapa Indonesia ini merupakan "lahan subur" yang menjadi rebutan negara-negara lain ketika itu.

Saking besarnya, jika dikelola dengan benar-benar maksimal, seharusnya Indonesia mampu menjadi negara yang sangat sangat kaya. Betapa tidak, begitu berlimpah kekayaannya. Mulai dari emas, minyak, gas alam, batu bara, hampir semuanya ada.

Sayangnya, masih banyak kekayaan sumber daya alam Indonesia yang justru dikelola oleh pihak asing. Contoh yang paling kita ketahui bersama adalah emas di Papua yang justru dikelola oleh Freeport.



Tidak hanya itu, masih banyak masyarakat kita yang mengalami krisis air bersih. Lucunya, mereka tinggal di wilayah yang notabene-nya memiliki air berlimpah. Lantas mengapa mereka bisa mengalami krisis? Karena pengelolaannya dikuasai pihak asing yang mengeruk tanpa memikirkan masyarakat sekitar.

Karenanya, sudah seharusnya kita para generasi muda untuk mulai berpikir kedepan bagaimana caranya agar kekayaan alam kita benar-benar bisa kita kuasai sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar