Kamis, 07 Juni 2018

Tindakan Via Vallen bukan lebay, segala bentuk pelecehan seksual harus dilawan

Beberapa hari terakhir ramai diperbincangkan mengenai pelecehan seksual oleh oknum pemain sepakbola yang dialamatkan kepada seorang penyanyi wanita yang sedang naik daun, bernama Via Vallen.

Berdasarkan keterangan Via Vallen, ada yang mengirimkan DM (direct message) kepada dirinya yang berisi kalimat pelecehan seksual. Merasa tidak terima, akhirnya Via Vallen men-screenshot DM tersebut dan mempublikasikannya.


Lucunya, ada yang mengatakan apa yang dilakukan oleh Via Vallen adalah berlebihan dan lebay.

Saya heran, kok masih bisa-bisanya ada yang kontra dan mengatakan itu lebay?

Kalaupun mungkin agak lebay dan sebenarnya sudah sesuatu hal yang biasa didalam dunia entertainment, menurut saya tetap saja harus ada tindakan perlawanan.

Karenanya, saya pikir apa yang dilakukan oleh Via Vallen itu sudah tepat. Sangat tepat! Hanya yang disayangkan, kenapa identitas pemain tersebut disamarkan keseluruhan.

Menurut saya, lebih baik agak dibuka sedikit, jangan disensor secara keseluruhan, jadi bisa ditebak siapa orangnya dan bisa diserang ramai-ramai oleh publik. Sehingga bisa menimbulkan efek jera.

Jadi, bukan dibuka semua, karena justru bisa dituntut secara hukum, karena menyebarkan isi chat dari orang lain kepublik adalah dilarang berdasarkan UU ITE.

Harapan saya, ini menjadi satu pelajaran bagi para perempuan lainnya agar jangan pernah takut melawan segala bentuk tindakan pelecehan seksual, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dan juga harapan saya, Mbak Via Vallen-nya sendiri mulai dari sekarang harus rajin menyuarakan kepada publik khususnya kaum Hawa agar jangan takut untuk melawan segala bentuk tindakan pelecehan seksual.

Karena apapun alasannya, segala bentuk pelecehan seksual harus dilawan!

0 komentar:

Posting Komentar