Senin, 06 Agustus 2018

Cara membuat Tiktok menjadi sedikit lebih bermanfaat bagi anak

Ada salah satu keputusan Kemkominfo yang dilakukan beberapa waktu yang lalu yang menurut saya kurang tepat, yaitu memblokir Tiktok.

Tiktok itu menurut saya adalah aplikasi yang pada dasarnya positif. Mengapa? Karena aplikasi ini sangat menghibur, dan juga sebenarnya melatih kita untuk lebih ekspresif walaupun hanya dengan bergaya lypsinc.



Terlebih bagi anak-anak, Tiktok bisa membuat mereka lebih berani dan terbuka untuk berekspresi, tentunya dalam hal yang positif.

Memang sih, bagaimanapun sebaiknya anak-anak jangan dulu bermain hal-hal sedemikian. Tetapi dizaman sekarang ini sepertinya sangat sulit untuk membendung keinginan mereka. Kecuali jika kita siap untuk bersikap tegas.

Nah, karena itu, menurut saya ada satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuat Tiktok menjadi sedikit lebih berdampak positif bagi anak-anak yang memakainya, yaitu dengan menyediakan lagu-lagu anak didalamnya. Sehingga mereka bisa membuat video dengan lagu-lagu yang positif, dan sesuai dengan umur mereka.

Ada banyak lagu anak-anak yang baik dan bagus sebenarnya, yang saat ini sudah hampir tenggelam, yang bisa memberikan dampak positif jika digunakan anak-anak dalam aplikasi Tiktok. Contohnya seperti lagu-lagu masa kecil yang dinyanyikan penyanyi-penyanyi cilik terdahulu seperti Joshua, Sherina, dan lagu-lagu anak-anak yang mendidik lainnya.

Dalam hal ini saya pikir Kemkominfo perlu menghubungi pihak Tiktok untuk menyediakan konten lagu-lagu yang sesuai untuk anak-anak, sehingga bisa memberikan dampak yang lebih positif ketika mereka bermain Tiktok, atau minimal mengurangi dampak negatif dari lagu-lagu bernuansa dewasa yang belum seharusnya mereka dengar.

Jadi begitu dia caranya menurut saya. Intinya Tiktok haruslah banyak diisi dengan lagu-lagu anak, bukan justru lagu-lagu orang dewasa yang tidak relevan dengan usia mereka.

0 komentar:

Posting Komentar