Selasa, 28 Agustus 2018

Terkait lagu Indonesia Raya, menurut saya Alffy Rev itu salah, tapi ga perlu sampe dipenjara

Jadi ceritanya dunia online lagi ribut dengan salah satu video cover dari seorang musisi yang sangat berbakat bernama Alffy Rev, dimana ia mengaransemen ulang lagu Indonesia Raya yang kemudian menuai pro dan kontra.




Saya pikir langsung saja pada apa yang ingin saya sampaikan.'


Apakah Alffy Rev salah?

Menurut saya, apa yang dilakukan Alffy Rev itu bisa dikatakan salah, baik secara etika maupun secara hukum.

Secara etika, tidak baik mengaransemen ulang lagu Kebangsaan yang jelas mengandung nilai kesakralan dan marwah serta kebesaran bangsa. Dan secara hukum, jelas tertera bahwasanya Indonesia Raya harus dibawakan sesuai dengan aransemen dan gubahan yang sudah diatur.

Jadi, dalam hal ini jelas bahwa Alffy salah.


Lantas, perlukah dipenjara?

Ya ga perlu dong.

Gila aja lu, Alffy itu walaupun menurut saya salah atau mungkin kurang tepat, tapi dia adalah musisi muda yang memiliki jiwa nasionalisme yang sangat tinggi. Sangat jarang ada pemuda yang memiliki jiwa nasionalisme sebaik dia, apalagi di era saat ini. Janganlah karena sedikit kesalahan kecil lantas kita menghukum orang begitu saja. Itu sama saja kita mematikan karakter beliau.

Lagipula jangan lupa, kita ini mengusung nilai Pancasila ke 2, yaitu Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab. Lantas, apakah kita pantas dikatakan Beradab ketika kita ingin sekali memenjarakan seorang anak muda yang sangat nasionalis hanya karena satu kesalahan kecil? Saya pikir tidak tepat.

Dan jangan lupa juga, kita juga menganut nilai Pancasila ke 4, yaitu Permusyawaratan Yang dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam permusawaratan perwakilan. Artinya segala sesuatu dimusyawarahkan dan dibicarakan baik-baik dulu secara kekeluargaan. Jangan apa-apa langsung masuk ke ranah hukum, itu namanya kita tidak memiliki nurani.


Jadi ga perlu kena sanksi dong?

Tetep ada sanksi, tapi sanksinya begini.

Menurut saya, pertama dia harus membuat pernyataan permohonan maaf atas ini. Dan itu memang sudah dilakukan.

Lalu yang kedua, dia harus menarik videonya dan menggantinya dengan yang baru.

Mungkin teman-teman akan berpikir bahwa saya sama sekali tidak menghargai sedikitpun jerih payahnya membuat video dan aransemen video tersebut.

Tidak, saya sangat menghargai. Namun ada satu bagian dari aransemen tersebut yang menurut saya sangat fatal sekali, yaitu di menit ke 2:10 sampai ke 2:57. Silahkan didengarkan.


Intinya, Alffy Rev salah, dan dia sudah meminta maaf. Tapi tidak perlu dihukum penjara, cukup menarik kembali videonya dan membuat yang baru dengan aransemen baru yang lebih cocok dengan lagu nasional, khususnya dalam hal ini lagu Kebangsaan.

0 komentar:

Posting Komentar