Senin, 01 Oktober 2018

Visi, Misi, dan Program Rencana Kerja

PROGRAM RENCANA KERJA
CALON ANGGOTA LEGISLATIF 2019-2024
ANDRY ANDREAS PANGGABEAN

Halo, Bapak/Ibu, Kakak/Abang/Adik dan teman-teman semuanya.
Perkenalkan, saya Andry Andreas Panggabean, Calon DPRD Pekanbaru dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan Nomor Urut 4.

Sebagai seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg), sudah seharusnya saya mempunyai Program Rencana Kerja yang bermanfaat bagi masyarakat luas, terukur, serta realistis untuk diwujudkan, sehingga dapat dipertanggungawabkan ketika nanti duduk di kursi Dewan sebagai Wakil Rakyat.

Karenanya, lewat tulisan ini izinkanlah saya untuk menyampaikan sedikit banyak mengenai poin-poin terkait program kerja dan gagasan-gagasan saya, sebagaimana berikut.

Visi: Menjadi wakil rakyat yang berkomitmen penuh bekerja dengan integritas dan kepedulian sosial

Misi: Mewujudkan nilai-nilai anti korupsi dan anti intoleransi serta peka dengan aspirasi dan pengaduan masyarakat yang sifatnya sosial dan substansial



Penjabaran Misi:
1.      Komitmen untuk anti korupsi
a.      Laporan Pendapatan (Gaji, tunjangan, dll)
b.      Pertanggungjawaban antara kekayaan dan pendapatan (Pembuktian Terbalik)
c.      Mendorong pejabat/anggota dewan lainnya khususnya dari Partai PSI untuk mewujudkan nilai-nilai anti korupsi

2.      Memperjuangkan isu-isu intoleransi (apabila ada ditemukan)
a.         Membela hak anak-anak sekolah yang tidak mendapat fasilitas untuk belajar agama
b.         Menindaklanjuti pelayanan publik yang buruk terhadap kaum (yang dianggap) minoritas
c.         Penghambatan pembangunan suatu Rumah Ibadah.
d.         Advokasi Hukum/Pendampingan kepada masyarakat khususnya kalangan       minoritas yang terjerat kasus-kasus diskriminasi SARA.

3.      Perduli akan segala isu anak muda dan memberi ruang untuk berkreatifitas
a.      Mengadakan dialog/seminar terbuka secara rutin setidaknya 3 kali dalam setahun, untuk membahas isu-isu kekinian yang terjadi dikalangan anak muda (­cyber-bullying, rasisme, rivalitas antar sekolah, nasionalisme, seks bebas, fenomena berkirim foto vulgar,dll)
b.      Mengadakan event tahunan baik skala besar maupun skala kecil sesuai minat anak-anak muda masa kini
(Festival Band, Ajang Nyanyi Solo, Lomba Cover lagu, Lomba Acapella, Kompetisi Video Tiktok, Turnamen Mobile Legend,dll) 
c.      Mengapresiasi setiap siswa siswi sekolah yang berhasil berprestasi di tingkat nasional dalam ajang seni seperti FLS2N dengan Uang Penghargaan sedikitnya sebesar 2 juta rupiah/siswa

4.      Memberikan bantuan sosial
a.      Mengadakan Bazar Beras Murah (Beras Mudik 10 kg) sedikitnya 2 kali dalam setahun dengan subsidi/potongan harga hingga Rp 60.000 yang disediakan sedikitnya 200 karung beras
b.      Menyiapkan sedikitnya ‘100 parcel sembako’ (beras 10 kg, telur sepapan, dan minyak goreng 1 liter) kepada masyarakat yang sangat tidak mampu dan dianggap layak untuk mendapatkan, khususnya kaum lansia dan penyandang disabilitas untuk dibagikan di momentum Hari Besar Keagamaan
c.      Menyiapkan fasilitas ambulans gratis bagi masyarakat kurang mampu yang mengalami kemalangan
d.      Mengupayakan kunjungan kerumah warga baik dalam momen suka (misalnya pernikahan) maupun dalam momen duka (misalnya meninggal)
e.      Membantu penggalangan dana untuk kebutuhan yang urgensi. Misal: membantu driver Gojek menggalang dana untuk kebutuhan sesame rekan Gojek yang sedang sangat membutuhkan

5.      Memberikan ide dan gagasan untuk Pekanbaru yang lebih baik
a.      Mendorong Pemko untuk menerapkan tata kreatif kota dalam rangka memaksimalkan tempat-tempat tertentu untuk menjadi lebih bernilai guna. Contoh: memanfaatkan ruang kosong dibawah fly-over untuk tempat berteduh ketika hujan bagi para pengendara bermotor
b.      Mendorong Pemko untuk mewujudkan Pekanbaru Smart City dengan meluncurkan aplikasi khusus berbasis Android dan iOS sebagai sarana bagi masyarakat untuk melaporkan segala hal yang terjadi di Pekanbaru, baik itu sarana umum yang rusak, kecelakaan, tindak kejahatan, kebakaran, dll.
c.      Memperkuat rasa kebersamaan antar umat beragama dengan Kegiatan Sosial Lintas Agama. Misal: Bazaar Beras Murah untuk warga Muslim di Hari Raya Idul Fitri diadakan dilingkungan Gereja, dan sebaliknya, Bazar Beras Murah untuk warga Kristiani ketika Hari Raya Natal diadakan di lingkungan Masjid.

6.      Peka dan cepat menanggapi setiap aspirasi masyarakat
a.      Keluhan masyarakat terkait fasilitas umum yang rusak (halte busway, jembatan penyebrangan, dll)
b.      Keluhan pedagang di Ruang Terbuka Hijau terkait anak-anak muda yang suka berbuat mesum disana
c.      Pengaduan petugas parkir terkait sebagian oknum pihak ketiga yang kerap kali bersikap sewenang-wenang, dll


Itulah sedikitnya 6 poin berikut penjabarannya yang menjadi Rencana Program Kerja saya apabila nantinya mendapatkan mandat dari masyarakat.

Perlu diketahui bahwa poin 2, 5, dan 6 adalah yang cukup sulit untuk diwujudkan karena bisa saja terjegal oleh beberapa pihak lain yang mungkin bisa saja tak sejalan. Karenanya saya sangat memohon pengertiannya jika kemudian beberapa poin ini membutuhkan waktu yang agak lama untuk mewujudkannya. Tapi pasti akan saya perjuangkan, karena ini merupakan panggilan tulus dari hati saya.

Saya berharap jika teman-teman merasa apa yang saya sampaikan ini baik dan realistis, sekiranya agar membantu dan mendukung saya. Bisa dengan mendukung saya di hari Pemilihan, bisa juga dengan cara mempromosikan saya di komunitas sosial maupun grup-grup WA.

Barangkali apabila ada pertanyaan atau apapun yang ingin disampaikan, saya siap untuk menjelaskan. Bahkan saya siap untuk diajak bertemu dan secara langsung bertatap muka. Saya akan sangat senang sekali.

Terakhir, saya ucapkan terimakasih kepada Bapak/Ibu, Kakak/Abang/Adik dan teman-teman semuanya yang telah meluangkan waktunya membaca tulisan saya ini.

Semoga baik saya atau siapapun yang nanti terpilih, bisa mewujudkan Pekanbaru yang jauh lebih baik dari hari ini. Amin.

Hormat saya, Andre Panggabean.

Instagram     : @andrepunkgabean
WA                 : 0823 26 123 123

1 komentar: