Senin, 11 Februari 2019

Harusnya Pemko membuat tanda jalan rusak sebagai langkah awal antisipasi kecelakaan

Semakin hari semakin banyak masyarakat yang mengeluhkan mengenai kondisi jalan di Pekanbaru yang mana hampir semuanya saat ini mengalami kerusakan, mulai dari lobang kecil hingga lobang yang sangat besar. Beberapa diantaranya sangat membahayakan, dimana sudah banyak yang menjadi korban bahkan sampai meninggal.

Kondisi yang sedemikian parah seharusnya menuntut pihak-pihak terkait untuk bekerja lebih cepat, dan bahkan membuat langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kecelakaan agar jangan sampai memakan korban. Dan langkah antisipasi yang bisa dilakukan adalah memasang tanda jalan rusak.

Tapi sayangnya, sudah sekian lama jalanan di Pekanbaru rusak, saya tak pernah melihat ada tanda jalan rusak sebelumnya. Padahal tanda seperti itu sangat membantu untuk masyarakat dapat lebih waspada apabila hendak melintasi jalan yang dalam kondisi kurang baik.

Setelah sekian lama, barulah beberapa waktu kemarin ada dipasang tanda jalan rusak di salah satu titik rusak di Pekanbaru. Dan itupun karena sudah saya desak sebelumnya.


Tanda jalan rusak yang saya minta pada Dinas PU untuk dipasang
sebagai langkah antisipasi kecelakaan sambil menunggu diperbaiki

Seingat saya, biasanya tanda jalan rusak baru ada dipasang ketika jalan itu sudah rusak sangat parah sekali. Padahal jalan yang rusaknya tidak terlalu parah pun tak jarang memakan korban kecelakaan. Karenanya saya pikir sudah seharusnya Pemko Pekanbaru betul-betul menerapkan standar pelayanan yang tinggi bagi masyarakat dimana mereka harus segera cepat mengupayakan perbaikan jalan yang rusak, baik itu jalan yang dalam kewenangan mereka, ataupun kewenangan Pemprov dan Pusat. 

Apabila tidak bisa segera cepat, sambil menunggu diperbaiki, hendaknya segera memasang tanda jalan rusak beberapa meter sebelum titik kerusakan, sehingga masyarakat bisa segera tau dan berhati-hati ketika hendak melintasi jalan tersebut. Sekalipun mungkin jalannya tidak rusak terlalu parah, tapi tetap hendaknya dipasang sebagai bentuk antisipasi jangan sampai ada korban lagi.

Intinya, jalan rusak segerak perbaiki. Apabila tidak bisa cepat, sambil menunggu, segera berikan tanda jalan rusak. Kedepannya saya ingin Pemko benar-benar mengutamakan keselamatan masyarakat khususnya di jalan raya.

0 komentar:

Posting Komentar